Puasa Bulan Muharram!

Berdasarkanbeberapa hadits ditemukan anjuran Rasulullah shollallahu alaih wa sallam kepada ummat Islam agar melaksanakan puasa di tanggal sepuluh bulan Muharram. Tanggal sepuluh bulan Muharram biasa disebut Yaum 'Aasyuura (Hari kesepuluh bulan Muharram).Suatu ketika Nabi Muhammad shollallahu alaih wa sallam mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa pada hari Asyuura. Lalu beliau bertanya mengapa mereka berpuasa pada hari itu. Merekapun menjelaskan bahwa hal itu untuk memperingati hari dimana Allah telah menolong Nabi Musa bersama kaumnya dari kejaran Fir'aun dan balatentaranya.Bahkan pada hari itu pula Allah telah menenggelamkan Fir'aun sebagai akibat kezalimannya terhadap Bani Israil.

Mendengar penjelasan itu maka Nabi shollallahu 'alaih wa sallam -pun menyatakan bahwa ummat Islam jauh lebih berhak daripada kaum Yahudi dalam mensyukuri pertolongan Allah kepada Nabi Musa.Maka beliau-pun menganjurkan kaum muslimin agar berpuasa pada hari 'Asyuura. 

Rasulullah shollallahu 'alaih wa sallam tiba di Madinah mendapati kaum Yahudi
berpuasa pada hari 'Asyuura. Maka Rasulullah shollallahu ' alaih wa sallam bersabda: "Hari apakah ini sehingga kalian berpuasa padanya?" Mereka (kaum Yahudi) menjawab: "Ini adalah hari agung dimana Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya serta menenggelamkan Fir'aun beserta kaumnya, lalu Musa berpuasa pada hari itu sebagai ungkapan syukur sehingga kamipun berpuasa." Maka Rasulullah shollallahu 'alaih wa sallam bersabda: "Kami (kaum Muslimin) lebih berhak atas Musa daripada kalian (kaum Yahudi). Maka Rasulullah shollallahu 'alaih wa sallam -pun berpuasa dan menyuruh (kaum muslimin) berpuasa." (HR Muslim)

Bahkan dalam hadits lainnya Nabi shollallahu 'alaih wa sallam digambarkan sebagai sangat mengutamakan puasa pada hari ke sepuluh bulan Muharram tersebut. Sahabat Ibnu Abbas meriwayatkan kesaksiannya sebagai berikut:

Ibnu Abbas berkata: "Aku tidak tahu Nabi shollallahu 'alaih wa sallam
memperhatikan puasa satu hari yang lebih diutamakannya atas yang lainnya selain hari ini (Hari ' Asyuura) dan bulan ini, maksudnya bulan Ramadhan." (HR Bukhary dan Muslim)
Lalu apakah fadhillah (keutamaan) berpuasa pada hari 'Asyuura ini? Nabi Muhammad shollallahu 'alaih wa sallam berdoa kepada Allah agar semoga
barangsiapa yang berpuasa 'Asyuura Allah ampuni dosanya selama satu
tahun yang telah berlalu.
Rasulullah shollallahu 'alaih wa sallam bersabda: "Puasa hari 'Asyuura, saya memohon kepada Allah agar menjadikannya sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya." (HR Muslim)
Berarti puasa Muharram sangatlah bermanfaat bagi siapapun yang sadar bahwa dirinya tidak luput dari dosa dan kesalahan. Tentulah setiap orang bertaqwa gemar memperoleh
ampunan Allah. Sebab demikianlah Allah sediakan bagi orang- orang bertaqwa, yaitu ampunan dan surga seluas langit dan bumi.
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa." (QS Ali Imran ayat 133)
Untuk tahun ini jika tanggal satu Muharram 1433 Hijriyyah jatuh pada hari minggu 27 november 2011 , berarti hari 'Asyuura insya Allah bertepatan dengan hari Selasa tanggal 6 Desember 2011.Semoga Allah kuatkan, izinkan dan berkahi kita semua untuk melaksanakan puasa 'Asyuura tahun ini.Amin ya Rabb.

0 Response to "Puasa Bulan Muharram!"

Total Pageviews

Chat

langganan

Untuk berlangganan artikel, masukan email anda: amal agama