Hidup Dalam Naungan Al-Quran

Bicara tentang al-quran, tidak terlepas dari kejayaan umat islam yang telah tercatat dalam sejarah. Kejayaan islam adalah murni karena al-Quran, bukan karena kekuatan fisik, kejeniusan, atau nasionalisme. Tatkala al-Qur'an terlepas dari genggaman umat Islam, maka tercampaklah kekuatan itu bahkan sebagaian besar masuk dalam kubangan lumpur jahiliyah.  Hancurnya kekuatan ini, bukanlah karena al-Quran, karena al-Quran sudah lengkap dan terpelihara huruf demi huruf, melainkan karena sebagain umat belum mengenal al-Quran dengan baik.

Bagaimana mungkin bisa mencintai al-Quran kalau tidak mengenalnya. Maka untuk itu, mari sedikit mengenal tentang ilmu al-Quran.

Nama al-Quran

- Al-Karim / bacaan mulia (al-Waqiah/56:77).
Membaca al-Quran akan mendapatkan kebaikan.

- Al-kitab (al-Baqoroh 2). Berupa susunan yang terdiri dari surat dan juz. Ada awal dan akhir. al-Quran bukanlah sembarangan kitab, sehingga cara berinteraksinya berbeda dengan kitab / buku lain.
- Kitab Aziz (Fushilat 41, 41), sangat mulia dan memuliakan, karena diturunkan langsung dari Alloh SWT.
- Ad-Dikr /Peringatan (al-Hijr 15: 9)
- Nuron Mubin (An-Nisa 174), cahaya yang nyataRuh / spirit / nyawa (as-syura 42:52). Manusia yang tidak mengenal al-Quran maka ia tidak memiliki ruh atau seperti mayat.

Fungsi al-Quran

Hudan / Petunjuk hidup (al-Baqoroh 2). Agar tidak sesat dan dholim seperti  yahudi dan nasroni hindari Mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya (Ibrahim 14,1)Menjelaskan petunjuk hidup dan perbedaan antara haq dan bathil (al-Baqoroh 185) Obat (al-Isra 17: 820, baik obat fisik atau psikis Rahmat (al-Isra 82), Kasih sayang Alloh akan melimpah kepada kita dalam jalan hidup selamat dunia dan akhirat

Kandungan al-Quran

Menjelaskan hakikat pencipta manusia dan alam semesta, dunia (malaikat, jin, setan, hewan, Iman, syirik, kufur nifaq).Sisten hidup,  hubungan manusia, hukum, pendidikan, sosial muamalah (ekonomi dan bisnis).Akhlaq pribadi, rumah tangga dan sosial Kisah dan fakta nabi dan umat sebelumnyaIsyarat cabang ilmu alam dan humaniora Berita futuristik Tipologi malaikat, manusia, ahli kitab, jin, setanHakikat pertarungan hak dan batil Penjelasan rinci kiamat dan akhirat surga neraka

Focus al-Quran

Pembentukan berfikir ilmiah. Kekufuran menodai kecerdasan manusia untuk memilih mana baik buruk. Misalnya mengukir benda dan hasilnya di sembah  sebagai Tuhan, menyembah matahari, menuhankan nabi Isa, dll Larangan pada praduga dan kira-kira Larangan mengikuti hawa nafsu dan perasaan Larangan taklid buta pada senior dan peninggalan nenek moyang Larangan taat buta pada para pemimpin dan para pembesar / tokoh Perintah menggunakan akal sebagai alat memahami Perintah meneliti, mempelajari, dan memanfaatkan potensi bumi, langit dan isi keluarganya.

Kunci hidup di bawah naungan al-Quran

Berintaraksi dengan al-Quran secara intensif dengan membaca, memahami, mengamalkan, menghafal dan mengajarkan.

6 Kunci Sukses

-Meyakini kebenaran al-Quran
-Menyadari sebagai firman Alloh
-Membaca setiap hari
-Memahami isi al-Quran dengan baik dan benar
-Mengamalkan petunjuk-petunjuk al-Quran dari yang bisa
-Merasakan kebenaran isinya dalam kehidupan

Kata Hikmah

Kehidupan di bawah al-Quran merupakan kenikmatan yang tidak akan dipahami dan diketahui kecuali oleh orang yang merasakannya (Sayid Qutub)

Dikutip dari pengajian di mesjid Kota Wisata Cibubur, Narasumber Ust. Fathuddin Ja'far MA

0 Response to "Hidup Dalam Naungan Al-Quran"

Total Pageviews

Chat

langganan

Untuk berlangganan artikel, masukan email anda: amal agama