Nasehat Maulana Yusuf Rah.A

DAKWAH ini adalah Amrun Ihtiyari (seseorang boleh untuk mengambil atau tidak). Sedangkan HIDAYAH adalah Amrun Ghoiro Ihtiyari (seseorang tidak ada pilihan untuknya). Dakwah adalah amalan manusia sedangkan Hidayah adalah Nur dari beberapa Nur dalam hati. Dakwah merupakan Amrun Ihtiyari yaitu sesuatu yang dapat dipilih oleh sessorang untuk dirinya. Sedangkan Hidayah adalah Amrun GhoiroIhtiyari yang mana hanya Allah swt yang dapat menjadikannya sebagai Nur dalam hati manusia. Lisan yang senantiasa mengulang-ulang perkara Iman walaupu hati belum serta merta membenarkan apa yang diucapkan lisannya, tetapi bila lisan terus menerus melakukan hal tersebut maka Allah swt akan menanamkan hakekat Iman dalam hatinya. Hal yang sangat penting perlu diperhatikan adalah bagaimana lisan yang telah mengulang-ulang pembicaraan keimanan tetapi hati masih belum membenarkan lisannya? Maka bila lisan terus-menerusmembicarakan keimanan maka hatinya akan menjadi malu sehingga hati akan membenarkan apa yang diucapkan lisannya.

Untuk menghidupkan agama hanya dengan Dakwah, sedang untuk menjaganya dengan menghidupkan amal. Hidupnya usaha atas Iman akan melarutkan seluruh aktifitas kehidupan seseorang sehingga seseorang yakin bahwa Dakwah adalah ruh bagi segala sesuatu.

Dakwah ibarat pabrik gula, sedangkan Amal ibarat gudangnya. Bilamana dalam gudang dipenuhi dengan gula sedangkan pabriknya ditutup, maka Raja akan mendapati masalah besar terhadap rakyatnya. Karena penutupan penutupan pabrik gula tadi. Tetapi walaupun dalam gudang tidak ada gula satu bungkuspun namun pabrik gula masih berjalan dan memproduksi gula maka Raja dan rakyatnya akan tenang dan gembira. Walaupun pada suatu hari mereka menggunakan gula merah sebagai ganti gula putih maka hal ini tidak akan menimbulkan masalah pada masa yang akan datang.

Oleh karena itu syeh Yusuf Rah. Mengatakan: "Tidak akan tersebar Agama diseluruh alam kecuali jika seluruh Amal seorang Islam seperti amal Nabi dan Rosul. Tetapi jika ada hanya seorang Da'i dan Agama dapat tersebar ke seluruh alam maka Da'i tersebut ibarat Pabrik gula, sedangkan Abid (ahli ibadah) ibarat gudangnya. Kesimpulan dari pembicaraan ini adalah bahwa Agama tidak akan tersebar dengan Ibadah,tetapi Agama tersebar hanya dengan Dakwah. Maulana Yusuf Rah. Mengatakan barangsiapa yg tdk bisa menundukkan asbab di alam. Bagaimana dia bisa menundukkan atau mengambil manfaat dari asbab di alam Barzah yg sdh tidak ada asbab disana.

Maulana Yusuf Rah. Mengatakan: Kerjakan apa yang tidak dikerjakan oleh orang lain sehingga Allah swt akan memberikan balasan kepadamu apa yg tdk diberikan kepada orang lain. Ajaklah hamba-hamba Allah swt sehingga Allah mengundang kalian ke Rumah-NYA.

Syeh Ilyas Rah.Mengatakan: Maksud dari pada ilmu itu bukan amal tetapi maksud ilmu adalah untuk mendapatkan Iman. Kalau seandainya maksud dari ilmu adalah amal maka seluruh orang munafik akan masuk surga. Orang2 munafik dahulu memiliki amal ibadah tetapi mereka tidak memiliki Iman. Maka karena inilah mereka masuk neraka.

Dalam hadist Nabi diterangkan: Sesungguhnya Allah swt. dapat menolong agama-NYA melalui seorang yang durhaka.

0 Response to "Nasehat Maulana Yusuf Rah.A"

Chat

langganan

Untuk berlangganan artikel, masukan email anda: amal agama