KEMISKINAN

karikatur sby
Kebanyakan manusia takut terjatuh ke dalam kemiskinan. Mereka berusaha dengan berbagai cara untuk menghindarinya. Mereka begitu sedih dan berduka cita ketika mengalami kekurangan harta. Bahkan sampai-sampai di antara mereka ada yang menukar agamanya hanya untuk mendapatkan sebagian harta benda duniawi. Seperti datang ke dukun, paranormal dan yang sejenisnya untuk meminta jimat, jampi-jampi dan sejenisnya kepada mereka. Atau memelihara/meminta bantuan makhluk halus (baca: jin) dalam rangka mendapat kekayaan. Dengan ini mereka telah menjual aqidah dan agamanya dengan kesenangan duniawi yang rendah dan sesaat. Nas`alullaahas salaamah wal 'aafiyah.
Setiap pemerintah yang berkuasa atau calon calon yang begitu bernafsu memimpin, ketika kampanye mempunyai visi dan misi mengurangi kemiskinan,,
Pemerintah yang berkuasa pun pusing memikirkan bagaimana untuk memberantas kemiskinan

Benarkah kemiskinan yang perlu kita takutkan ? Benarkah kemiskinan yang dikhawatirkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam atas ummatnya?
عَنْ عَمْرو بْنِ عَوْفٍ الأَنْصَارِيِّ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ بَعَثَ أَبَا عُبَيْدَةَ بْنَ الْجَرَّاحِ إِلَى الْبَحْرَيْنِ يَأْتِي بِجِزْيَتِهَا، فَقَدِمَ بِمَالٍ مِنَ الْبَحْرَيْنِ، فَسَمِعَتِ الأَنْصَارُ بِقُدُوْمِ أَبِي عُبَيْدَةَ، فَوَافَوْا صَلاَةَ الْفَجْرِ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ، فَلَمَّا صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ، اِنْصَرَفَ، فَتَعَرَّضُوْا لَهُ، فَتَبَسَّمَ رَسُوْلُ اللهِ حِيْنَ رَآهُمْ، ثُمَّ قَالَ: ((أَظُنُّكُمْ سَمِعْتُمْ أَنَّ أَبَا عُبَيْدَةَ قَدِمَ بِشَيْءٍ مِنَ الْبَحْرَيْنِ)) فَقَالُوْا: أَجَل يَا رَسُوْلَ اللهِ، فَقَالَ: ((أَبْشِرُوْا وَأَمِّلُوْا مَا يَسُرُّكُمْ، فَوَاللهِ مَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ وَلَكِنِّي أَخْشَى أَنْ تُبْسَطَ الدُّنْيَا عَلَيْكُمْ كَمَا بُسِطَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، فَتَنَافَسُوْهَا كَمَا تَنَافَسُوْهَا، فَتُهْلِكَكُمْ كَمَا أَهْلَكَتْهُمْ))
Dari 'Amr bin 'Auf Al-Anshariy
radhiyallahu 'anhu,
bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengutus Abu 'Ubaidah Ibnul Jarrah radhiyallahu 'anhu ke negeri Bahrain untuk mengambil upeti dari penduduknya (karena kebanyakan mereka adalah Majusi pent). Lalu dia kembali dari Bahrain dengan membawa harta. Maka orang-orang Anshar mendengar kedatangan Abu 'Ubaidah. Lalu mereka bersegera menuju masjid untuk melaksanakan shalat shubuh bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selesai shalat beliau pun berpaling (menghadap ke arah mereka). Lalu mereka menampakkan keinginannya terhadap apa yang dibawa Abu 'Ubaidah dalam keadaan mereka butuh kepadanya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun tersenyum ketika melihat mereka.
Kemudian beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Aku menduga kalian telah mendengar bahwa Abu 'Ubaidah telah datang dengan membawa sesuatu (harta) dari Bahrain." Maka mereka menjawab, "Tentu Ya Rasulullah." Lalu beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bergembiralah dan harapkanlah apa-apa yang akan menyenangkan kalian. Maka demi Allah! Bukan kemiskinan yang aku khawatirkan atas kalian. Akan tetapi aku khawatir akan dibentangkan dunia atas kalian sebagaimana telah dibentangkan atas orang-orang sebelum kalian. Lalu kalian pun berlomba-lomba padanya sebagaimana mereka berlomba-lomba padanya. Kemudian dunia itu akan menghancurkan kalian sebagaimana telah menghancurkan mereka." (HR. Al-Bukhariy no.3158 dan Muslim no.2961)



21 Responses to "KEMISKINAN"

TUTORIAL BLOGGER said...

met mlmng genk. heheh gk pnya ungang kali'y xixi

AldoSEO said...

Selamat beraktifitas kawan!!

#Salam Blogwalking AldoSEO.blogspot.com

Rizal Nurhidayat said...

Secara tidak langsung pelajaran yang dapat kita ambil adalah, bukan kemiskinan yang harusnya kita takutkan melainkan keterlenaan kita terhadap harta dan dunia yang harus kita takutkan. Karena itu akan membawa kita bukan ke jalan Allah SWT melainkan ke jalan Setan.

Nice post sobh, comment back ya...

budi os 19 said...

Bener tih dob...kemiskinan mendekatkan datangnya kekufuran...

Limit Komputer said...

Kita berusaha sekuat tenaga agar tidak miskin ilmu dan harta ...

Yousake NKRI said...

mampir sob, dan sambil baca artikel ini :)

BlogS of Hariyanto said...

kemiskinan itu salah satu ujian dari ALLAH :-)

Thedragao Blog said...

nice sob,.

Rully Nur'mansyah said...

blogwalking sob ,, NICE SHARE AND KEEP POST !

zulham efendi said...

sob,...gambar karikatur diatas kok mirip presiden kita ya,...atau mata aku yang kabur

rahasia sukses said...

Ia mirip lagi pusing mikir rakyat tuh

@all makasih n happy blogging

lina@happy family said...

Kita bisa diuji dengan kemiskinan atau kekayaan...

kang topjer said...

so, gak usah takut dg kemiskinan, bukan harta semata yg membuat kita bahagia di dunia akherat :)

Online Shares said...

bagus tuh design gambar. keren pembuatan..

Shares News said...

miskn harta gk usah dipikirin sobat yang penting jgn miskin hati dan pikiran. nah itu yg sering terjd di negara kita ini.

winspiral said...

hello from France

belajar bahasa inggris said...

Alangkah baiknya kalau para pejabat dan pengusaha di negeri ini menyumbangkan sebagian hartanya untuk orang2 miskin, pastinya akan penuh berkah dan tidak ada lagi kemiskinan di negeri ini.

wanto mas said...

seandainya orang orang kaya gak hanya menimbun kekayaan sendiri, insya alloh kemakmuran yang merata bisa terwujud, semoga,, amin.

budi os 19 said...

Silahturahmi lagi ke sini sob :)

Penyuluh Perikanan said...

Kemiskinan itu terjadi karena salah satunya adalah kurangnya perhatian dari orang kaya (konglomerat); jika mereka para konglomerat memahami tenyang semua ajaran Tuhan mereka pasti memberi peluang bagi simiskin, misalnya membantu dg memberikan jalan agar mereka punya Usaha, setidaknya membantu mengatasi masalahnya.
salam sukses kawan

Jual Obat Cacar Air | Herbal said...

sukses gan blognya

langganan

Untuk berlangganan artikel, masukan email anda: amal agama