CANDI BOROBUDUR PENINGGALAN NABI SULAEMAN AS

borobudur versi alquran

Assalamualaikum Sahabat Sukses Dengan amal Agama

Candi Borobudur Peninggalan Nabi sulaeman AS

Membaca judul diatas, tentu banyak orang yang akan mengernyitkan dahi, sebagai tanda ketidakpercayaannya. Bahkan, mungkin demikian pula dengan Anda. Sebab, NabiSulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk angin yang tunduk dibawah kekuasaannya atas izin Allah. Bahkan, burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman AS.
Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 SebelumMasehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orangyang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa CANDI BOROBUDUR PENINGGALAN NABI SULAEMAN.

Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapatCandi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi yang diperkirakan didirikan sekitar tahun 772 dan778 Masehi.
Lalu, apa hubungannya dengan Sulaiman?

Benarkah Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang hebat dan agung itu?


Apabukti-buktinya?
Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu?
Tentu perlu penelitian yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak untuk membuktikan validitas dan kebenarannya.
Namun, bila pertanyaan di atas diajukan kepada KH Fahmi Basya, ahli matematika Islam itu akan menjawabnya; benar. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa.

Dalam bukunya,Matematika Islam 3 (Republika, 2009), KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya,
hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.
Dalam Alquran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya.
Tentu saja,banyak yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman AS.

Di antara alasannya, karena Sulaiman hidup pada abad ke-10 SM, sedangkan Borobudur diperkirakan dibangun pada abad ke-8 Masehi. Kemudian, menurut banyak pihak, peristiwa dan kisah Sulaiman itu terjadi di wilayah Palestina, dan Saba di Yaman Selatan, sedangkan Borobudur di Indonesia.
Tentu saja hal ini menimbulkan penasaran. Apalagi, KH Fahmi Basya menunjukkan bukti-buktinya berdasarkan keterangan Alquran. Lalu, apa bukti sahih andai Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman atau bangunan yang pembuatannya merupakan perintah Sulaiman?

Menurut Fahmi Basya, dan seperti yang penulis lihat melalui relief-relief yang ada, memang terdapat beberapa simbol, yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Alquran.
PERTAMA adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan.Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.
"Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: 'Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman'." (QS Al-Baqarah [2]: 248).

KEDUA, pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon.

KETIGA, para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan.

KEEMPAT, Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada. Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya.

KELIMA, kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. (QS An-Naml[27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. "Jangankan burung,manusia saja ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri," katanya menjelaskan. Ditambahkan Fahmi Basya, tempat berkumpulnya manusiaitu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang.

KEENAM,Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata 'Wana' bermakna hutan. Jadi, menurutFahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.

KETUJUH, buah 'maja' yang pahit. Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya. "Tetapi, mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr." (QS Saba [34]: 16).

KEDELAPAN, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata 'su'merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan 'Su'.

KESEMBILAN, Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. "Pergilah kamu dengan membawa suratku ini." (QS An-Naml [27]: 28). Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

KESEPULUH, bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah Candi Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. "Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman," kata Fahmi menegaskan.

Selain bukti-bukti di atas, kata Fahmi, masih banyak lagi bukti lainnya yang menunjukkan bahwa kisah Ratu Saba dan Sulaiman terjadi di Indonesia. Seperti terjadinya angin Muson yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12),
kisah istana yang hilang atau dipindahkan, dialog Ratu Bilqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32),
nama Kabupaten Sleman, Kecamatan Salaman, Desa Salam, dan lainnya. Dengan bukti-bukti di atas, Fahmi Basya meyakini bahwa Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman.
Bagaimana dengan pembaca?
Hanya Allah yang mengetahuinya. Wallahu A'lam
Rating: 4.5
Post By: MUSLIM konsel
ItemReviewed: CANDI BOROBUDUR PENINGGALAN NABI SULAEMAN AS

18 komentar:

Brebes VS Lamongan mengatakan...

met sore mas trmksih mas dah berbagi dulu kmi jga pernah ksanamas asik tmpt nya

hafid Rasikhun mengatakan...

Nice info
koment back di "hafidrn.blogspot.com"

eko.tonggeng mengatakan...

gan, agan kan udah download ragnarok
ofline di blog http://software-
collections.blogspot.com/2012/10/free-
download-ragnarok-offline-tutorial-
install.html?m=1

nah, ane minta tolog dong buat re upload
file yg ada di link ini. http://
files.indowebster.com/download/files/
ragoff150312_exe_006
coz link nya dah gak bisa di download
lg..

mohon bantuannya gan..
terima kasih sebelumnya..

FaisalHilmi.com mengatakan...

hal ini jg cukup santer di UIN jakarta

rahasia sukses mengatakan...

yah kita saksikan aja temuan temuan selanjutnya,,jika itu benar mudah mudahan bisa menambah keimanan kita

puditour mengatakan...

mudah - mudah benar adanya, makasih udah berbagi ilmunya ..

Brebes VS Lamongan mengatakan...

selamat sore sobat. termaksih banyak sobat infonya sangat bermanfaat jga enak di baca D:

yogi vipre mengatakan...

izin nyimak ya gan,.


oiya, aku dah follow, jgn lupa follback ya,.

Anonim mengatakan...

analisa yang kurang ilmiah...terlalu mengada2,....

Anonim mengatakan...

King Solomon ataw Nabi Salomo adalah nabi Yahudi
wong keblinger/arab menyebutnya sebagai nabi sulaiman

Jangankan King Solomon, wong Alexander The Great disebut sebagai Pangeran zulkarnaen yang diembel-embeli sebagai raja muslim!!
Itulah orang-orang keblinger....memutar balikkan fakta sejarah!!

Tidak hanya sampai disitu, bahkan kisah isra' mi'raj pun dipelintir dan disahkan dalam quran sebagai mujizat, padahal Muhamad ketika itu sedang kepepet karena ketahuan "nginep" di rumah janda kembang, sehingga perlu alibi yang kuat agar anak buah dan sahabat-sahabatnya tidak marah dan meninggalkannya...

Cobalah berfikir layaknya orang yang waras. Isra' mi'raj terjadi tahun 621 Masehi, sedangkan Masjidil aqsa baru dibangun kalifah tahun 710 Masehi...

baca kisah tersebut di; www.mencarijalanlurusdanbenar.blogspot.com

oleh sebab itu saya tidak pernah kaget bila borobudur diklaim oleh muslim dibangun oleh nabi sulaiman dari kulon progo yang asli jawa tulen itu...

Anonim mengatakan...

yang benar adalah
Ka'abah di mekah dibangun raja Vikramaditya dari kerajaan Hindu India yang menaklukkan tanah Arab 500 tahun sebelum muhamad lahir yg kemudian mengaku sebagai nabi karena memiliki tompel di punggungnya...

kunjungi ; www.mencarijalanlurusdanbenar.blogspot.com

optimuz mengatakan...

aduhhh lama2 semua bisa di kalim kyk negara tetangga aj.aku mah mau ketawa aj baca.yah lumayan mengisi waktu luang biar bisa tidur.dripd gk ada bahan bacaan...hmm

rahasia sukses mengatakan...

www.metrotvnews.com/read/news/2013/04/06/144474/Borobudur-Peninggalan-Nabi-Sulaiman

rahasia sukses mengatakan...

www.metrotvnews.com/mobile-site/read/news/2013/04/06/144479/Argumentasi-Fahmi-Basya-bahwa-Borobudur-Peninggalan-Nabi-Sulaiman

Anonim mengatakan...

Mungkin juga karena yang buat si Sulaimin dari Seleman.... Nulis kok asal Bacot....

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

Wah ternyata banyak komentar anonim ya. Rasanya kurang nyaman untuk di baca komentar dari anonim tersebut :)

Kalau ini blog saya, sudah saya hapus pak komentar tersebut. Soalnya tidak enak dibaca :)

MUSLIM konsel mengatakan...

bebas berekspresi,,beri kesempatan yang masih malu malu buat bicara

ivan verys mengatakan...

Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




bisnistiket.co.id