Tujuan Penciptaan Manusia

Allah SWT telah menciptakan manusia dan telah menundukkan untuknya seluruh yang ada di dunia ini. Matahari,bulan bintang-bintang seluruhnya ditundukkan oleh Allah SWT untuk manusia sebagai bukti nyata penghormatan Allah SWT kepadanya,bahwasanya Dia telah menciptakan manusia itu langsung dengan tangan Allah sendiri.
Allah SWT berfirman:

"(Ingatlah) ketika Rabbmu berfirman kepada malaikat, "sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah." Maka apabila Aku telah sempurnakan kejadianya dan telah Aku tiupkan ruh (ciptaanku); maka hendaklah kamu terungkur dengan bersujud kepadanya." Lalu seluruh malaikat itu bersujud semuanya. Kecuali iblis; ia menyombongkan diri, dan adalah ia termasuk orang-rang yang kafir. Allah SWT berfirman, "Hai iblis,apakah yang menghalangi kamu untuk bersujud kepada yang telah Aku ciptakan dengan kedua tangan-ku (Adam a.s). Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi." (Qs. Shad 71-75)

Allah SWT menciptakan manusia ini untuk maksud yang besar,yaitu mengabdi (beribadah) kepada Allah yang maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan inilah kepentinganya ia diutus kemuka bumi ini, dan karena maksud inilah Allah telah menundukkan seluruh apa yang ada di dunia ini untuknya, baik tumbuh-tumbuhan, hewan -hewan, bahkan sesungguhnya malaikatpun dibebani (diperintahkan oleh Allah) untuk membantu manusia jika memang manusia ini melaksanakan maksud penciptaanya tadi,serta merelakan seluruh gerak dan amal perbuatanya dalam kehidupan dunia ini hanya untuk maksud tersebut.

Oleh karena kepentingan dan penghormatan inilah sehingga terjadi permusuhan antara manusia dan iblis terlaknat yang tidak mau penghormatan Allah Yang Maha Tahu ini diberikan kepada makhluk yang diciptakan-Nya dari tanah. Lalu iblis membisikkan (menggoda) Adam dan isterinya (Hawa), sehingga keduanya dikeluarkan oleh Allah dari surga.
Allah SWT.berfirman:

"Kami berfirman,turunlah kamu berdua dari surga! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa mengikiti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati" (Qs. Al Baqarah : 38)

0 Response to "Tujuan Penciptaan Manusia"

Total Pageviews

Chat

langganan

Untuk berlangganan artikel, masukan email anda: amal agama