TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB DAKWAH

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ
Hai orang yang berkemul )berselimut

(, قُمْ فَأَنْذِرْ
bangunlah, lalu berilah peringatan!

 وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ
dan Tuhanmu agungkanlah!

 وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ d
an pakaianmu bersihkanlah,

 وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ
dan perbuatan dosa tinggalkanlah,

Di hari pertama Nabi SAW buat dakwah Beliau telah dakwah kepada istrinya Khadijah dan masuk islam. Dakwah kepada Zaid bin Haritsah dan masuk islam. Zaid adalah seorang budak yang dibeli oleh Nabi SAW dan menjadikannya anak angkat. Dakwah kepada keponakannya Ali bin Abi Thalib dan masuk islam. Dakwah kepada temannya Abu Bakar dan masuk islam.

Di hari pertama Nabi SAW buat dakwah telah mengislamkan 4 orang.


Abu Bakar telah bertanya kepada Nabi SAW. Ya Nabi Allah apa tugas dan kewajiban saya? Nabi SAW menjawab :”Apa tugas saya itulah tugas kamu”. Apa tugas Nabi SAW? Buat dakwah. Abu Bakar pun langsung buat dakwah. Yang perlu digaris bawahi disini Abu Bakar ketika itu tidak tahu apa-apa mengenai islam dan tidak satu ayat pun yang beliau tahu. Yang diketahui Abu Bakar islam itu adalah “Dakwah”. Abu Bakar ketika itu Cuma tahu satu kalimat saja. Yaitu kalimat iman. “Laa ilaaha illallaah Muhammadur Rasulullah”.

Dari sana Abu Bakar ra. pergi kepada Utsman bin Affan, Thalhah bin ‘Ubaidillah, Zubair bin Awwam, dan Sa’ad bin Abu Waqqash r.hum untuk mengajak mereka kepada Islam. Maka mereka pun semuanya memeluk Islam. Esok harinya Abu Bakar ra datang kepada Utsman bin Mazh’un, Abu Ubaidah bin Jarrah, Abdur Rahman bin ‘Auf, Abu Salamah bin Abdul Asad, dan Arqam bin Abil Arqam, lalu membawa mereka semua )kepada Rasulullah SAW maka mereka pun masuk Islam.

Dihari pertama Abu Bakar masuk islam, beliau telah mengislamkan 4 orang dan di hari kedua Abu Bakar masuk islam, beliau telah mengislamkan 5 orang lagi. Dalam jangka 2 hari Abu Bakar sudah mengislamkan 9 orang. Jadi, 10 Assabiqunal Awwalun itu adalah 4 orang taskilan Nabi SAW dan 6 orang taskilan Abu Bakar yaitu : Khadijah, Zaid bin Haritsah, Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar, Utsman bin Affan, Thalhah bin ‘Ubaidillah, Zubair bin Awwam, dan Sa’ad bin Abu Waqqash, Utsman bin Mazh’un, Abu Ubaidah bin Jarrah.

0 Response to "TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB DAKWAH"

.

Total Pageviews

Chat

langganan

Untuk berlangganan artikel, masukan email anda: amal agama